Cara Uninstall Avast yang Bersih dan Aman

Antiviruslaptop.net | Menjadi salah satu antivirus terbaik dan terkenal di seluruh dunia, Avast banyak diinstal oleh pengguna. Dari berbagai sumber media online, Avast direkomendasikan sebagai antivirus yang lengkap dan gratis. Berdasar dari banyaknya review seputar Avast, tentu saja pengguna laptop dan komputer tertarik untuk memasang Avast ke dalam sistem Windows mereka. Akan tetapi, ada saja pengguna yang akhirnya kurang cocok dengan sifat perlindungan Avast yang begitu protektif. Ada yang merasa berat di CPU dan RAM, ada tidak suka dengan tampilan, ada pula yang tidak support pada versi OS-nya. Ujung-ujungnya terus mencari deh cara uninstall Avast di Windows mereka.

Baik, bagi anda pengguna Windows berapapun (Windows XP, Win 7, Win 8/8.1, Win 10), di halaman ini akan admin jelaskan rincian bagaimana cara menghapus antivirus Avast secara penuh (full), bersih, dan tanpa bekas.

Cara Uninstall Avast di Windows Lengkap

Pada dasarnya untuk menghilangkan Avast dari laptop atau PC sama halnya ketika anda meng-uninstal software komputer.

Silakan klik Start Menu (saya contohkan dengan Windows 10), lalu klik menu Settings (icon gear). Lalu pilih Apps.

Cari dan pilihlah nama Avast dari daftar aplikasi yang ada. Langsung saja klik Uninstall dan ikuti seluruh petunjuk penghapusan Avast sampai selesai.

Jika sudah, anda akan diminta untuk restart atau reboot PC anda, silakan anda matikan dan hidupkan ulang (restart) sesuai petunjuk dari Avast. Hingga saat komputer anda sudah menyala kembali, sebenarnya Avast sudah terhapus, tapi belum tuntas.

Avast masih menyisakan file sampah bekas instalasi. Tujuannya ialah agar ketika suatu saat anda berkeinginan kembali menginstal antivirus Avast, maka anda tidak perlu lagi melakukan konfigurasi sedari awal. Karena pengaturan Avast yang sudah pernah anda lakukan, masih tersimpan di data Avast yang tidak terhapus tersebut.

Bila perlu, baca pula Cara Menonaktifkan Antivirus Avast Sementara & Permanen .

Lalu, bagaimana jika ingin membuang sepenuhnya? Silahkan simak lagi trik di bawah ini!

Cara Uninstall Antivirus Avast Bersih dan Tuntas

Anda dapat menggunakan software utilitas penghapus Avast resmi, sebagai berikut:

  1. Download avastclear.exe ke laptop atau komputer.
  2. Double click avastclear.exe (atau nama sejenisnya).
  3. Secara otomatis akan masuk ke Windows Safe Mode (mode aman). Jika tidak otomatis, caranya: restart komputer, lalu ketika akan menyala (layar hitam bios), tekan-tekan terus tombol F8. Pilih opsi Safe Mode.
Cara Uninstall Avast Total
  1. Buka (jalankan) utilitas penghapusan-instalasi atau avastcleaner.exe yang sudah diunduh tadi.
  2. Jika Anda menginstal Avast di folder lain (bukan folder default Avast), silakan pilih folder tersebut (Catatan: Hati-hati! Isi folder yang Anda pilih akan dihapus).
  3. Klik HAPUS atau DELETE.
  4. Restart lagi komputer Anda dan jangan masuk Safe Mode.

Sampai di sini admin rasa kini Avast sudah benar-benar hilang dari komputer beserta data-data bekas instalasinya.

Demikianlah tutorial bagaimana cara uninstall antivirus Avast terbaru secara total tanpa bekas. Selanjutnya jika anda butuh informasi nama-nama antivirus lain, cek halaman Antivirus Komputer Terbaik Update 2019.